Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Pemberdayaan – Pelatihan Tenaga Sukarelawan Untuk Penanganan Bencana Tahun 2024

Linggapura – Jumat (22/02/2024) bertempat di Aula Desa Linggapura dilaksanakan Pemberdayaan Masyarakat Desa Linggapura dengan nama kegiatan Pelatihan Tenaga Sukarelawan Untuk Penanganan Bencana. 

Pada kegiatan ini menghadirkan 2 pemateri yaitu, Tagana dari Dinas Sosial Ciamis dan Babinsa-Bhabinkamtibmas Desa Linggapura, selain itu juga dihadiri oleh Sekmat Kawali dan Pendamping Desa yang ikut memberikan informasi dan pesan berkaitan kegiatan ini.

“Mudah-mudahan kegiatan ini dapat mentransfer ilmu dari pemateri kepada peserta pemberdayaan, khususnya desa Linggapura bencana yang sering terjadi adalah angin kencang”. Ungkap Sekmat Kawali.

Pendamping Desa Linggapura juga mengatakan bahwa kegiatan pemberdayaan berkaitan kebencanaan ini merupakan yang ketiga kalinya, setelah tahun pada tahun 2022 berkaitan dengan administrasi, tata cara pelaporan bencana dari BPBD, dan penanganan bencana kebakaran dari Damkar.

Ade Deni sebagai Ketua Forum Pengurangan Risiko Bencana (F-Prb) Kab. Ciamis, Ketua Dewan Penasehat  Tagana Kab. Ciamis, dan Fasilitator Disaster Management kali ini memberikan materi berkaitan Manajemen Penanggulangan Bencana.

Pelatihan tenaga sukarelawan penanganan bencana 3

Pak Ade Deni mengungkapkan, bahwa Bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan, baik oleh alam dan/atau non-alam maupun manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis benda, dan dampak psikologis.

Menurut definisi bencana dalam pasal 1 angka 1 UU Nomor 24 tahun 2007, sebuah peristiwa atau rangkaian persitiwa disebut bencana apabila memenuhi beberapa syarat berikut ini :

  1. Mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat,
  2. Ancaman/gangguan disebabkan oleh faktor alam, faktor non alam, maupun faktor manusia
  3. Mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerusakan harta benda, dan dampak psycologis
Pelatihan tenaga sukarelawan penanganan bencana 4

Selanjutnya juga masih dari Tim Tagana Kab Ciamis, ada Pak Anggara yang memberikan simulasi tentang Pertolongan Pertama pada korban bencana yang mengalami cidera bahkan pingsan.

Pelatihan tenaga sukarelawan penanganan bencana

Terakhir materi dari Bapak Maman Suherman babinsa Desa Linggapura, memberikan pula simulasi mengenai pertolongan pertama pada kondisi tertentu ketika terjadi kecelakaan, serta pesan-pesan penting terkait keamanan dan ketertiban di Desa Linggapura.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *