Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Cara Cetak atau Download Kartu Keluarga Secara Online

Penting untuk kita pahami bahwa Kartu Keluarga adalah dokumen identitas keluarga yang berisi informasi tentang anggota keluarga, hubungan antar anggota keluarga, dan jumlah anggota keluarga.

KK merupakan dokumen wajib yang harus dimiliki oleh setiap keluarga di Indonesia. Dokumen ini menjadi syarat penting dalam berbagai proses administrasi di Indonesia.

Jika Anda kehilangan atau mengalami kerusakan pada Kartu Keluarga, biasanya anda dapat melakukan pencetakan ulang dengan cara pengajuan manual melalui desa, kecamatan, atau langsung ke Kantor Disdukcapil setempat.

Pertanyaanya, apakah kita bisa cetak KK secara online dan mendownload pdf, kemudian print sendiri dokumennya ?. Jawabannya tentu saja saat ini anda dapat melakukannya, dengan syarat-syarat tertentu.

Yang paling penting adalah anda harus mempunyai dan terdaftar dalam aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD). Jika sudah terdaftar, yang perlu anda lakukan adalah :

Cara Cetak atau Download Kartu Keluarga Secara Online
  1. Login aplikasi Identitas Kependudukan Digital
  2. Pilih menu Pelayanan
  3. Pilih Permohonan Cetak Kartu Keluarga
  4. Ikuti langkah-langkah yang ditampilkan, pilih alasan permohonan, dan isi keterangan untuk meyakinkan operator bahwa anda membutuhkan pencetakan ulang kk secara online.
  5. Tekan tombol ajukan

Setelah anda melakukan pengajuan, anda dapt memantau perkembangan proses pelayanan pada menu Awal, yaitu menu Pemantauan Pelayanan.

Cara Cetak atau Download Kartu Keluarga Secara Online 1


Pencetakan Kartu Keluarga (KK) secara online dapat anda print menggunakan kertas putih polos seperti HVS A4 80 gram.

Meskipun tanpa menggunakan kertas khusus, Kartu Keluarga saat ini menggunakan security printing berhologram yang sulit dipalsukan, dan tentunya tetap memiliki keabsahan hukum.

KK ini tidak berbeda dengan yang diterbitkan langsung dari kantor Disdukcapil, keduanya sama-sama dilengkapi dengan kode barcode sebagai tanda tangan elektronik.

Barcode ini digunakan untuk menggantikan tanda tangan dan cap basah pada KK yang biasanya terdapat pada kertas security printing.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *