Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Mahasiswa KKN-T IPB Gelar Sosialisasi Peternakan, Guna Mencegah PMK di Desa Linggapura,Ciamis

Mahasiswa KKN-T IPB 2022 mengadakan sosialisasi peternakan yang mengangkat tema Penyakit Mulut dan Kuku serta Manajemen Peternakan yang baik.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 7 Juli 2022 yang dilatarbelakangi oleh adanya gejala penyakit mulut dan kuku pada domba salah satu peternak di desa Kawali. Mahasiswa KKN-T IPB Desa Linggapura bekerja sama dengan Mahasiswa KKN-T IPB Desa Kawali untuk mengadakan sosialisasi ini, karena kandang domba yang berdekatan antara Desa Kawali dan Desa Linggapura.

Menurut Muhammad Misarudin selaku ketua pelaksana mengatakan, kegiatan ini menambah pengetahuan dan ilmu baru yang dapat diterapkan untuk kegiatan peternakan. Menurutnya sosialisasi ini berangkat dari potensi yang dimiliki kedua desa yaitu Desa Kawali dan Linggapura dalam bidang peternakan. Adanya sosialisasi ini juga untuk menjalin silaturahmi antara para peternak dan ajang kolaborasi dalam bentuk komunitas atau hal apapun demi kesejahteraan kedua desa apalagi sebagai bentuk untuk menyukseskan program ketahanan pangan desa.

Sosialisasi ini menghadirkan dua narasumber dari IPB University yaitu Drh. Vetnizah Juniantito Ph.D yang merupakan dosen Fakultas Kedokteran Hewan IPB University dan Dr. Ir. Lilis Khotijah, MSi selaku dosen Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan IPB University.

Narasumber yang dihadirkan mengangkat isu kesehatan ternak dan cara mengatasinya serta bagaimana cara budidaya ternak hewan.

Sosialisasi yang dilakukan berbentuk hybrid, dimana peserta yang berasal dari peternak dan panitia kegiatan, berkumpul di Aula Desa Linggapura, sedangkan narasumber dihadirkan melalui zoom meeting yang ditampilkan melalui layar proyektor.

Sosialisasi ini diawali dengan pembukaan oleh MC, Kata Sambutan dari masing-masing perangkat Desa yaitu Desa Kawali yang diwakili oleh sekretaris desa, bapak Arifin Sakti Ali dan Desa Linggapura yang disampaikan oleh kepala desa, bapak Karsa Sukarsa. Selanjutnya penyampaian materi oleh kedua narasumber dan sesi tanya jawab. Kegiatan ditutup dengan pembacaan doa serta FGD mengenai eksekusi PMK.

Sosialisasi disambut baik dan antusias dari peserta kegiatan karena banyaknya pertanyaan yang muncul dari peternak dan para tamu undangan. Peternak juga berharap setelah adanya sosialisasi ini, adik-adik mahasiwa IPB dapat memberikan selebaran yang berisi informasi yang dibutuhkan seputar peternakan.(*)

Fadillah Kurnihan, Penulis.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *