You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Linggapura
Desa Linggapura

Kec. Kawali, Kab. Ciamis, Provinsi Jawa Barat

Pembinaan Pencegahan Kawin Anak di Desa Linggapura

DADANG HERDIANA, S.T. 10 September 2021 Dibaca 51 Kali
Pembinaan Pencegahan Kawin Anak di Desa Linggapura

Linggapura - Kamis (09/09/21) dilaksanakan Pembinaan Pencegahan Kawin Anak  di Desa Linggapura yang dihadiri Kader Posyandu, Tokoh Mastayarkat, dan Tokoh Agama di Desa Linggapura. Penyebab terjadinya pernikahan dini ini biasanya adalah dari faktor budaya dan sosioekonomi. Beberapa pihak orangtua masih memiliki anggapan bahwa anak dapat menjadi “penyelamat” keuangan keluarga saat menikah. Ada juga yang menganggap anak yang belum menikah jadi beban ekonomi keluarga.

Pernikahan adalah suatu akad antara laki-laki dan perempuan atas dasar kerelaan dan kesukaan kedua belah pihak yang dilakukan oleh pihak lain (wali) menurut sifat dan syarat yang telah ditentukan syara‟ untuk menghalalkan hubungan kelamin antara keduanya sehingga satu sama lain saling membutuhkan dan memenuhi dalam kehidupan rumah tangga

Tujuan Pernikahan

  1. Reproduksi
  2. Kebutuhan bilogis
  3. Menjaga Diri dari Maksiat

Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP) adalah upaya untuk meningkatkan usia pada perkawinan pertama, sehingga pada saat perkawinan diharapkan mencapai usia minimal 20 tahun bagi perempuan dan 25 tahun bagi laki-laki. Pada tahun 2007 : rata-rata usia kawin pertama 19,8 tahun. Diharapkan pada tahun 2014 : rata-rata usia kawin pertama menjadi 21 tahun.

Tujuan Pendewasaan Usia Perkawinan

Memberikan pengertian dan kesadaran kepada remaja / mahasiswa agar dala, merencanakan keluarga, serta mempertimbangkan berbagai aspek berkaitan dengan kehidupan berkeluarga, antara lain :

  1. Aspek Kesehatan
  2. Aspek Mental
  3. Aspek Emosional
  4. Aspek Pendidikan
  5. Aspek Ekonomi
  6. Jumlah dan Jarak Kelahiran

Mengapa PUP Penting ?

  • Perkawinan jika dilakukan pada usia yang tepat akan membawa kebahagian bagi keluarga dan pasangan.
  • Menikah di usia muda akan membawa banyak konsekuensi : kesehatan, pendidikan, ekonomi dan social.
  • Menikah di usia muda memiliki potensi lebih besar untuk gagal (cerai) karena ketidaksiapan mental dalam menghadapi dinamika rumah tangga dan tanggung jawab atas peran masing-masing seperti dalam mengurus / mengatur rumah tangga, mencukupi ekonomi keluarga dan mengasuh atau mendidikan anak.
  • Tujuan akhir dari PUP adalah untuk menurunkan total Fertility Rate.
Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image